KINERJA GURU MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI SMP NEGERI 14 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Bayu Rianda Andri Adi Universitas Balikpapan
  • Moch. Alipatan Universitas Balikpapan
  • Husnul Khotimah Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i2.37

Keywords:

Kinerja Guru, Kompetensi Profesional Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk memperoleh gambaran tentang kinerja guru dalam penguasaan materi, terampil, dan lancar melaksanakan proses pembelajaran (2) Untuk memperoleh gambaran tentang kinerja guru dalam mengembangkan keprofesian melalui MGMP dan penggunaan TIK. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 guru matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru matematika menguasai
materi yang terdapat dalam RPP. Guru mengembangkan RPP sudah sesuai dengan kurikulum, silabus, dan bahan ajar. Selanjutnya dalam menyampaikan materi cukup jelas dan sebagian besar dipahami siswa kemudian menggunakan metode diskusi, tanya jawab dan bimbingan pengarahan dalam proses pembelajaran. (2) Guru matematika merupakan anggota profesi MGMP matematika dan mengikuti kegiatan MGMP secara aktif dengan terjadwal sesuai giliran yang ditetapkan oleh kepala sekolah, dalam memanfaatkan TIK digunakan komunikasi pembelajaran, kemudian Guru tidak optimal dalam melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan seminar-seminar selanjutnya sebagian guru belum pernah mengakses laman website yang terkait dengan program PKB (Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan).

Published

2020-12-20

How to Cite

Rianda Andri Adi, B. ., Alipatan, . M. ., & Khotimah, H. (2020). KINERJA GURU MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI SMP NEGERI 14 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2019/2020 . Kompetensi, 13(2), 63–68. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i2.37