KINERJA KEPALA SMP NEGERI 14 BALIKPAPAN DITINJAU DARI STANDAR PENGELOLAAN TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i2.39Keywords:
Kinerja Kepala Sekolah, Standar PengelolaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan standar pengelolaan pendidikan yang terdiri dari: (1) Kinerja kepala sekolah menetapkan visi, misi dan tujuan dan mengembangkan serta merumuskan kelembagaan (2) Kinerja kepala sekolah dalam menetapkan struktur organisasi sekolah dan rincian tugas-tugas setiap personil dalam struktur organisasi (3) Kinerja kepala sekolah tersusunnya dalam pelaksanaannya dibidang kurikulum (4) Kinerja kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan 3 Guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) Kinerja kepala sekolah terkait visi, misi dan tujuan telah ditetapkan oleh kepala sekolah selanjutnya dirumuskan berdasarkan masukan dari warga sekolah, komite sekolah dan diputuskan dalam rapat. (2) Kinerja kepala sekolah terkait dengan struktur organisasi sekolah diputuskan dengan dewan pendidikan yang dipimpin oleh kepala sekolah, ditetapkan dan disosialisasikan oleh kepala sekolah. (3) Kinerja kepala sekolah
dibidang kurikulum dengan menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan yang berpedoman kurikulum 2013 dengan memperhatikan standar kompetensi lulusan, isi, proses, dan penilaian serta peraturan pelaksanaan lainnya. (4) Kinerja kepala sekolah dalam kaitannya sebagai pemimpin pembelajaran yaitu dengan mengembangkan motivasi pendidikan, menjamin mutu proses pembelajaran, dan mengembangkan sistem penilaian.