PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 22 BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.45Keywords:
flipped classroom, matematikaAbstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar pada dunia Pendidikan. Perubahan sistem pembelajaran di sekolah mendorong guru untuk melakukan inovasi dalam memberikan layanan pembelajaran yang baik. Flipped classroom merupakan salah satu pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran daring dan luring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Penerapan Flipped classroom terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pra-kelas dan tahap aktivitas kelas. Penerapan Flipped classroom tak lepas dari peran teknologi sebagai media pembelajaran dan berbagai sumber belajar lainnya.