PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMP HKBP SIDIKALANG
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.50Keywords:
Meningkatkan keterampilan menulis pantun, Kelas VIII, Media gambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui media gambar. Data yang peneliti ambil bersumber dari kelas VIII 1 SMP Swasta HKBP dengan jumlah 30 siswa. Jika dilihat dari hasil tes, masih ada siswa yang belu memahami langkah-langkah dan kaidah menulis pantun. Siswa masih kesulitan menuangkan ide-ide serta kosa kata yang mereka miliki. Penelitian ini adalah jenis PTK dengan menggunakan media gambar dan teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peningkatan keterampilan menulis pantun melalui media gambar mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata setiap siklus, pada tahap prasiklus hanya
mencapai rata-rata 69,1 dan belum mencapai indikator. Namun, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 79,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan kembali dengan rata-rata 82,7. Dengan ini peneliti menyatakan bahwa pembelajaran menulis pantun melalui media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pantun.