Hubungan Self Concept dan Self Esteem dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 8 Balikpapan

Authors

  • Sulistyani Sulistyani Universitas Balikpapan
  • Rahayu Sri Waskitoningtyas Universitas Balikpapan
  • Nur Ismiyati Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.61

Keywords:

self concept, self esteem, and academic procrastination.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara self concept dan self esteem dengan prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 8 Balikpapan tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 106 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan mengunakan uji korelasi product moment pearson dan analisis korelasi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self concept dengan prokrastinasi akademik siswa dengan koefisien korelasi () atau tingkat hubungan tergolong sedang. Selanjutnya diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara self esteem dengan prokrastinasi akademik siswa dengan koefisien korelasi () atau tingkat hubungan tergolong sedang. Selain itu, hasil analisis data juga menunjukkan bahwa secara bersama-sama, ada hubungan yang signifikan antara self concept dan self esteem dengan prokrastinasi akademik siswa dengan koefisien korelasi () atau tingkat hubungan tergolong tinggi.

Published

2022-06-24

How to Cite

Sulistyani, S., Waskitoningtyas, R. S. ., & Ismiyati, N. (2022). Hubungan Self Concept dan Self Esteem dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 8 Balikpapan. Kompetensi, 15(1), 8–14. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.61