Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.62Keywords:
Minat Belajar, Media Pembelajaran, Video Animasi CanvaAbstract
Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas XI IPS 6 SMA Negeri 4 Balikpapan dapat di tingkatkan menggunakan media video animasi canva pada saat pembelajaran jarak jauh. Adapun prosedur pelaksanaan yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus dan masing-masing siklus memiliki tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pada siklus I rata-rata pencapaian nilai siswa dari pertemuan pertama hingga kedua adalah 70,28 dan 71,68 hasil ini masih setengah dari jumlah siswa yang melampaui KKM. Sedangkan minat belajar peserta didik pada siklus I sebesar 58,34%. Pada siklus ke II hasil pencapaian nilai siswa meningkat cukup signifikan sebesar 86,75 pada pertemuan pertama dan 87,11 pada pertemuan kedua sedangkan minat belajar naik menjadi 87,22%. Dapat di simpulkan bahwa setelah diterapkannya pembelajaran ekonomi dengan media pembelajaran video animasi dapat meningkatkan minat belajar siswa.