PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ONE QUESTION ONE MINUTE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH IPA DI KELAS 9A SMP NEGERI 1 PENAJAM PASER UTARA

Authors

  • Muhammad Hanafi SMP Negeri 1 Penajam Paser Utara

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v11i2.7

Keywords:

Strategi one question one minute, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui strategi one question one minute di kelas 9A SMP Negeri 1 Penajam Paser Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, data yang diperoleh melalui pengamatan dan dokumentasi. Data tentang respon minat, motivasi, dan hasil belajar dalam hal kemampuan menyelesaikan masalah IPA diperoleh melalui dari instrumen angket dan tes, selanjutnya di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi one question one minute dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPA. 2) Respon siswa berupa minat dan motivasi model ARSC di kategorikan cukup baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran one question one minute dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
pemecahan masalah IPA. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai siswa yang lulus sesuai KBM yang ditetapkan oleh guru.

Published

2018-12-31

How to Cite

Hanafi, M. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ONE QUESTION ONE MINUTE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH IPA DI KELAS 9A SMP NEGERI 1 PENAJAM PASER UTARA. Kompetensi, 11(2), 48–57. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v11i2.7