Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rosita Putri Rahmi Universitas Mulawarman
  • Nur Meli Universitas Mulawarman
  • Kusdar Kusdar Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.71

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Project Based Learning, STEM, Sifat-sifat cahaya

Abstract

Sifat-sifat cahaya masih menjadi konsep IPA yang dirasa sulit oleh siswa kelas IV SDN 001 Muara Badak. Oleh karena itu, Peningkatan hasil belajar IPA melalui model Project Based Learning (PjBL) berbasis STEM merupakan tujuan dari penelitian ini, khususnya terkait materi sifat-sifat cahaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 001 Muara Badak tahun pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa dengan tiga siklus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai hasil belajar siswa pada pra siklus adalah sebesar 52,6 dengan persentase siswa tuntas sebesar 20%. Pada siklus I  persentase siswa tuntas sebesar 65% dan terdapat persentase peningkatan sebesar 18,1%. Pada Siklus II persentase siswa tuntas 90% dan terdapat persentase peningkatan sebesar 52,04%. Pada periode akhir siklus III mencapai peningkatan hasil belajar sebesar 71,04%. Dari hasil penelitian dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui model Project Based Learning Berbasis STEM kelas IV di SDN 001 Muara Badak tahun pembelajaran 2021/2022 mengalami peningkatan.

Published

2022-06-24

How to Cite

Rahmi, R. P. ., Meli, N., & Kusdar, K. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 15(1), 102–110. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.71