Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Siswa Kelas V Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Ira Lutvi Akhlakul Karimah Universitas Mulawaran
  • Hety Diana Septika Universitas Mulawarman
  • Tri Wahyuningsih Universitas Mulawarman
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.82

Keywords:

Pengembangan, Buku Saku Digital, Mind Mapping, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi dan kelayakan Buku Saku Digital Berbasis Mind mapping dalam Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahannya Siswa Kelas V Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang meliputi 7 tahap yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi, 5) revisi desain, 6) uji coba kelayakan terbatas, dan 7) revisi produk. Dari hasil uji kevalidan oleh ahli materi, media, dan bahasa buku saku digital berbasis mind mapping mendapat interval kevalidan 0,881 dengan kategori sangat valid. Uji coba kelayakan terbatas pada siswa mendapat persentase respon sebesar 77% dan masuk kategori layak, sedangkan pada guru memperoleh respon 98% dan masuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kevalidan dan kelayakan maka dapat disimpulkan bahwa buku saku digital berbasis mind mapping sangat valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya untuk siswa Kelas V Tahun Ajar 2022/2023.

References

Ailillah, Sanjangi., dkk. 2021. "Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Mind Mapping pada Materi Laju Reaksi". Chemistry Education Practice, Vol. 4 No. 3., pp. 311-315.

Ayu Pratiwi, Desi., Ana Nurhasanah., & Zerri Rahman Hakim. 2021. ”Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Materi Keadaan Geografis Indonesia di Kelas V SD". Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 10 No. 1., pp. 60-78.

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ernawati. 2013. "Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Pembelajaran Matematika di Kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Banjarmasin Tahun 2011/2012". Seminar Online Universitas Surabaya, Vol. 2 No. 3., pp. 146-153.

Evayanti, A. M. Dwitha., & Made Sumantri. 2017. "Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas III A". Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1., pp. 42-50.

Firdaus, H. A. 2019. "Pengembangan Aplikasi Buku Saku Digital Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Mobile pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar bagi Siswa Kelas X TKJ di SMKN 1 Sidayu Gresik". Jurnal Information Technology and Education, Vol. 3 No. 2., pp. 310-315.

Juniati, Etika., & Widianti, Tuti. 2015. "Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind mapping dan Multiple Intelligences Materi Jamur di SMA Negeri 1 Slawi". Unnes Journal of Biology Education. Vol. 4 No 1., pp. 37-44.

Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Satrianingsih, Cici Juni Puput. 2017. "Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Science Pocket Book untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Terhadap Sains". Journal of Innovative Science Education, Vol. 6 No. 2., pp. 273-281.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, Erna. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri terbimbing Berbantuan teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. “Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, Vol. 5 No.2., pp. 892-902

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Karimah, I. L. A. ., Septika, H. D. ., Wahyuningsih, T., & Dwiyono, Y. (2022). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Siswa Kelas V Tahun Ajaran 2022/2023. Kompetensi, 15(2), 202–211. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.82