Implementasi Pembelajaran Daring pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Kedondong pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Riski Nanda Aulia Mamonto Universitas Mulawarman
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman
  • Muhamad Alisalman Universitas Mulawarman
  • Andi Ismail Lukman Universitas Mulawarman
  • Mustangin Mustangin Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.84

Keywords:

Implementation, Online Learning, Equality Education Package C.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran daring pada penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Kedondong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena disesuaikan dengan tujuan penelitian ini yaitu mengkaji secara mendalam bagaimana implementasi pembelajaran dari pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Kedondong. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan yaitu pengelola PKBM Kedondong, Tutor Pendidikan Kesetaraan Paket C, dan Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring yang dianalisis pada penelitian ini yaitu pada tahapan persiapan tutor menyiapkan RPP pembelajaran daring dan menyiapkan sarana pembelajaran yaitu Whatsapp Group dan Zoom Meeting. Tahapan pelaksanaan dilaksanakan seperti pembelajaran langsung namun pelaksanaannya dilaksanakan melalui zoom meeting.  Selain itu tutor juga membagikan bahan ajar dan media pembelajaran online untuk dipelajari oleh warga belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran, tutor melaksanakan pendampingan pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan warga belajar. Pada pelaksanaannya, proses pembelajaran terhambat karena keterbatasan jaringan internet.

References

Alamsyah, D., Pangestu, L. F., & Darusman, Y. (2022). Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.55606/inovasi.v1i1.164

Ariefianto, L., & Hilmi, M. I. (2019). The Contribution Nonformal Education in Tourism Development Through Empowerment and Training of Street Vendors. Journal of Nonformal Education, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.15294/jne.v5i1.18332

Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–5.

Kartini, T., & Rusman, R. (2019). Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 74–86. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23651

Krupar, A., Horvatek, R., & Byun, S. Y. (2017). Does Nonformal Education Matter? Nonformal Education, Immigration, and Skills in Canada. Adult Education Quarterly, 67(3), 186–208. https://doi.org/10.1177/0741713617697423

Laila, D. A., & Salahudin, S. (2022). Pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui pendidikan nonformal: Sebuah kajian pustaka. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 100–112. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44064

Lukman, A. I. (2021a). Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39439

Lukman, A. I. (2021b). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669

Marhamah, M., Rezeki, A. V. T., Amelia, D., Nuraeni, E., & Dewi, F. (2021). Implementasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran Daring di TK Kemala Bhayangkari 11 Purwakarta. 56 Indonesian Journal of Community Services in Engineering and Education (IJOCSEE), 1(1), 56–64.

Marlina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70–78. http://dx.doi.org/10.33603/.v4i2.5319,

Maulidah, A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 72. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1763

Mu’minah, I. H. dan, & Sugandi, M. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Group Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bio Educatio, 6(1), 68–81. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/3032/2218

Murdani, W. K., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Singal, A. R. (2022). Studi Penyebab Putus Sekolah Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C Di Pkbm Kedondong Samarinda. Kompetensi, 15(1), 66–73. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.68

Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855

Mustangin, M. (2018). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Di Rumah Baca Bandung. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14464

Nahak, R. L., & Benu, A. Y. (2021). Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Tematik Berbasis Active Learning dengan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1539–1546. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.943

Pratiwi, N., Wildan, W., Loka, I. N., & Muntari, M. (2021). Hubungan antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3), 281–286. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2801

Saharoh, S. L., Anzani, Y. A., & Chusni, M. M. (2022). Efektifitas Zoom Meetings sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 175–179. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.3999

Saraswati, S., Casmudi, C., & Retnowaty, R. (2019). Keterampilan Berbahasa Siswa Paket C Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Balikpapan TIMUR. Kompetensi, 12(1), 12–15. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i1.10

Sartika, S. (2018). Kegunaan Whatapps Sebagai Media Iinformasi dan Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi STISIP Persada Bunda. Medium, 6(2), 15–26. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2408

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.

Syaputra, R., & Shomedran, S. (2023). Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Pada Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kota Palembang. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 17–34. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara

Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32

Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Mamonto, R. N. A. ., Dwiyono, Y., Alisalman, M., Lukman, A. I. ., & Mustangin, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Daring pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Kedondong pada Masa Pandemi Covid-19. Kompetensi, 16(1), 59–65. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.84