Dampak Pelatihan Desain Grafis bagi Peserta Pelatihan di LKP Cendana Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.85Keywords:
Training, Skills, Job Skills, Graphic DesignAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pelatihan desain grafis sebagai upaya bagi peserta pelatihan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cendana Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu menganalisis secara mendalam tentang dampak pelatihan desain grafis di LKP Cendana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan yaitu peserta program pelatihan desain grafis. Pengelola program, dan instruktur program pelatihan grafis. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pelatihan desain grafis berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta program. Selain itu, pelatihan desain grafis memberikan dampak positif berupa peningkatan ekonomi masyarakat atau peserta program desain grafis. Peningkatan ekonomi berupa perubahan pendapatan karena peserta program yang telah selesai mengikuti program memiliki pekerjaan dan membuka usaha desain grafis sendiri.
References
Astuti, L. I., Hermawan, & Rozikin, M. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Pertanian Berkelanjutan. Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(11), 1886–1892. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1061
Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938
Ernawati, & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915
Ghufron, M., & Saraka, S. (2021). Proses Pelatihan Keahlian Kayu Bagi Karang Taruna Oleh CSR Pertamina Terminal Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–80.
Harahap, F. I. N. (2018). Dampak Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Biogas dalam Mewujudkan Kemandirian Energi. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 41–50. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.18634
Irawati, R. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 74–84. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.18
Khofiyah, L., Atmaja, I. K., & Artha, J. (2022). Profesionalitas Tutor dalam Pencapaian Standar Proses Program Pendidikan Kesetaraan Paket A di PKBM Budi Utama Surabaya Pendahuluan. J+PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 404–419.
Laila, D. A., & Salahudin, S. (2022). Pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui pendidikan nonformal: Sebuah kajian pustaka. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 100–112. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44064
Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669
Murdani, W. K., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Singal, A. R. (2022). Studi Penyebab Putus Sekolah Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C Di Pkbm Kedondong Samarinda. Kompetensi, 15(1), 66–73. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.68
Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Rappe, E. F., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Proses Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat oleh CSR Pertamina Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 69–74.
Riyadi, R. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254
Rofik, A. ’Ainun, Murdiyanto, E., & Retnowati, D. (2020). Community Empowerment Process Through Peduli Lingkungan Program In Singosaren, Wukirsari Village, Imogiri Subdistrict, Bantul. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(2), 150–162.
Rohmah, N. F. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Saya Manusia. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–11.
Romadoni, F. W., & Purwito, L. (2016). Manajemen diklat penyuluh perpajakan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(2), 108–122. https://doi.org/dx.doi.org/10.17977/um041v10i2p108-122
Rusdin. (2017). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru Di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200–212. https://doi.org/10.52239/jar.v5i4.885
Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudimobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432
Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629
Saraswati, S., Casmudi, C., & Retnowaty, R. (2019). Keterampilan Berbahasa Siswa Paket C Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Balikpapan Timur. Kompetensi, 12(1), 12–15. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i1.10
Setiawati, S., Agustina, F., & Evahelda, E. (2020). Dampak Sosial Ekonomi Program Pemberdayaan Petani Kebun Kelapa Sawit Rakyat Di Kabupaten Bangka. Journal of Integrated Agribusiness, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.33019/jia.v2i1.1121
Sugiarti, Hartati, T., & Amir, H. (2016). Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Padma Ardya Aktuaria Jakarta. Epigram, 13(1), 13–19. https://doi.org/10.32722/epi.v13i1.805
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32
Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marhamatunnisa Marhamatunnisa, Saraka Saraka, Hepy Tri Winarti, Muhamad Alisalman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.