Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati bagi Binaan CSR PT. GBU Kabupaten Kutai Barat di Desa Jengan Danum
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.86Keywords:
Pelatihan, Pendidikan Nonformal, Pestisida Nabati, Program CSRAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelenggaraan pelatihan pembuatan pestisida nabati bagi masyarakat petani di Desa Jengan Danum pada Program CSR PT Gunung Bara Utama (GBU). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana penyelenggaraan pelatihan bagi masyarakat Desa Jengan Denum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan informan penelitian yaitu pengelola program CSR PT GBU, fasilitator program, dan masyarakat petani yang terlibat di dalam penyelenggaraan pelatihan. Teknik pengumpulan data untuk mendukung temuan penelitian yaitu teknik observasi dan teknik studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan data dilaksanakan dengan beberapa tahapan diantaranya adalah tahapan perencanaan yang dilaksanakan dengan identifikasi kebutuhan masyarakat untuk mengetahui kebutuhan belajar masyarakat. Selanjutnya, proses mengajak masyarakat menggunakan media whatsapp dan menjalin kesepakatan bersama dengan masyarakat petani sebagai warga belajar untuk menyiapkan masyarakat petani dalam pelaksanaan pelatihan. Tahapan pelaksanaan dilaksanakan melalui proses belajar dengan menggunakan metode ceramah dan praktek. Tahapan evaluasi dilaksanakan melalui tes dan praktik lapangan untuk mengetahui perubahan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Tahapan pendampingan dilaksanakan untuk mengoptimalkan pengetahuan dan keterampilan setelah kegiatan pelatihan.
References
Arif, A. (2015). Pengaruh Bahan Kimia Terhadap Penggunaan Pestisida Lingkungan. Jurnal Farmasi UIN Alauddin Makassar, 3(4), 134–143.
Berlianti, & Siregar, M. (2017). Kemandirian Perempuan Melalui Keterampilan Menjahit. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 179–186. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v2i2.2315
Damayanti, F., & Supriyatin, T. (2020). Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah Sebagai Upaya Peningkatan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 161–168. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4434
Geovani, Y., Herwina, W., & Novitasari, N. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Tani dalam Peningkatan Kemampuan Sosial Ekonomi. JoCE: Journal of Community Education, 2(2), 43–51. https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.5684
Ghufron, M., & Saraka, S. (2021). Proses Pelatihan Keahlian Kayu Bagi Karang Taruna Oleh CSR Pertamina Terminal Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–80.
Karwati, L. (2016). Prinsip Andragogi Pada Performasi Tutor Program Pendidikan Luar Sekolah. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 1(1), 16–27. https://doi.org/10.37058/jpls.v1i1.125
Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Kependidikan Islam, 7(2), 67–79. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh
Lestari, W. E. W. (2018). Evaluasi Program Kursus Office Terpadu Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Bimantara Klaten. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i1.23649
Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara
Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669
Manembu, A. E. (2018). Peranan Perempuan dalam Pembangunan Masyarakat Desa. Jurnal Politico, 7(1), 1–28.
Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Mustangin, M., Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927
Ningrum, M. D., & Sujarwo, S. (2017). Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional dalam Pondok Komunitas Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Wonogiri. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 199–214. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.13554
Putu Gita Savitri, I. G. A., & Sutrisni, K. E. (2022). Strategi Membrantas Hama Terhadap Tanaman Padi Dengan Pestisida Nabati Di Desa Sesandan Wanasari Tabanan. Jurnal Abditani, 5(2), 71–75. https://doi.org/10.31970/abditani.v5i2.177
Rappe, E. F., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Proses Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat oleh CSR Pertamina Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 69–74.
Rezeki, S. R., & Hadiyanto. (2021). Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Whatsapp dengan Derajat Kohesivitas pada Kelompok Tani Pedesaan. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 5(6), 936–946. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i06..927
Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629
Saripah, I., & Shantini, Y. (2016). Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 176. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545
Sartika, S. (2018). Kegunaan Whatapps Sebagai Media Iinformasi dan Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi STISIP Persada Bunda. Medium, 6(2), 15–26. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2408
Setyawati, R. (2019). Pengelolaan Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 103–1117. https://doi.org/10.21831/diklus.v3i2.27278
Subekti, K., & Toni, A. (2021). Fungsi Komunikasi dalam Organisasi Melalui Grup Percakapan WhatsApp Civitas Academica Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 90–105.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukmaningrum, P. S., & Faizah, S. I. (2019). Strategi Penguatan Ekonomi Orang Tua pada Keluarga Anak Jalanan di Surabaya. Jurnal Sosial Humaniora, 12(2), 120–130. https://doi.org/10.12962/j24433527.v12i2.4209
Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2723–2734. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1154/879
Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32
Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Peronika Taba, Mustangin Mustangin, Andi Ismail Lukman, Muhamad Alisalman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.