Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Small Group Discussion Pada Peserta Didik Kelas IX MTs Negeri 1 Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.93Abstract
Pemahaman terhadap materi narrative text masih sulit bagi peserta didik kelas IX MTs N 1 Balikpapan. Selain itu metode pembelajaran yang belum tepat juga menjadi faktor penyebab sulitnya pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Oleh karena itu, peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris melalui metode pembelajaran Small Group Discussion merupakan tujuan dari penelitian ini, khususnya terkait materi memahami narrative text. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-3 MTS N 1 Balikpapan tahun pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 36 peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik ujian, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunkkan bahwa pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas belajar adalah 41,66%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase belajar yaitu sebesar 69,44% dan pada siklus III persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 91,6%. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris materi Narrative Text pada peserta didik kelas IX-3 MTs N 1 Balikpapan tahun pembelajaran 2017/2018.