Signifikansi Bahasa Batak sebagai Faktor Kunci dalam Membentuk Karakter dan Mendukung Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kabupaten Toba

Authors

  • Hanna Yolanda Universitas Sumatera Utara
  • Warisman Sinaga Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.96

Keywords:

Bahasa, Batak , Toba, Karakter

Abstract

Karya ilmiah ini memiliki judul Signifikansi Bahasa Batak sebagai Faktor Kunci dalam Membentuk Karakter dan Mendukung Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kabupaten Toba. Penelitian Ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui Bagaimana Signifikansi Bahasa Batak sebagai Faktor Kunci dalam Membentuk Karakter dan Mendukung Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kabupaten Toba. Karya ilmiah ini menggunakan Teori yang digunakan adalah teori kognitivisme dan teori konstruktivisme. Metode yang digunakan metode kualitatif. Hasil yang telah didapat dalam penelitian ini merupakan : (1) Terdapat 12 karakter yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa SD 173652 desa Tanjung Pasir, (2) Dalam penelitian ini ditemukan 2 peran bahasa Batak Toba sebagai penunjang pembelajaran kurikulum 2013 yang gunakan di SD 173652 Desa Tanjung Pasir, (3) Dalam penelitian ini ditemukan 2 faktor yang mempengaruhi bahasa Batak Toba sehingga memiliki peran dalam pembentukan karakter dan sebagai penunjang pembelajaran Ke 2 faktor itu adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal terbagi menjadi 3 yaitu faktor  internal psikologis, faktor internal kebiasaan, faktor internal cita-cita  dan faktor eksternal juga terbagi menjadi 3 yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan sekitar dan faktor lingkungan sekolah. Seluruh faktor di atas berpengaruh dalam memberikan peran pada bahasa Batak Toba sebagai pembentuk karakter dan sebagai penunjang pembelajaran kurikulum 2013 di SD 173652 Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba.

References

Devianty, R. (2017). BAHASA SEBAGAI CERMIN KEBUDAYAAN. Jurnal Tar. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167

Hafidhoh, H., & Rizal, R. M. (2021). Karakteristik penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013 di MI. Aawaliyah: Jurnal PGMI, 4(1), 10–16. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019 Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Semiba ISBN: 978-623-707438-0, 306–319. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/admin_lptik,+34-Artikel+Noermanzah.pdf

Sibarani, T. (2015). Pelestarian Bahasa Batak Toba dari Tinjauan Sosiologi dan Struktur Bahasa. Medan Makna, XIII(2), 203–214. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/medanmakna/article/viewFile/1211/720

Siroh, L. M. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN 敬語 (KEIGO Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/18292/6/S_JEP_0806490_Chapter3.pdf

Sinaga, M. ., & Naibaho, S. . (2021). NILAI KARAKTER DALAM TEKS LAGU BATAK TOBA SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP. Kompetensi, 14(2), 99–104. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.51

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Varera, Linna; Jarusalem, M. A. (2013). PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL. J Conserv Dent. 2013, 16(4), 2013. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Yolanda, H. ., & Sinaga, W. (2023). Signifikansi Bahasa Batak sebagai Faktor Kunci dalam Membentuk Karakter dan Mendukung Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kabupaten Toba. Kompetensi, 16(1), 45–58. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.96