PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENYUSUNAN RPP BERBASIS HOTS MELALUI WORKSHOP DAN PEMBIMBINGAN DI SMA NEGERI 8 PENAJAM PASER UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i1.20Keywords:
keterampilan, RPP, HOTS, WORKSHOP DAN BIMBINGAN, KEPALA SEKOLAHAbstract
Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam menyusun RPP berbasis HOTS melalui model workshop dan Pembinaan, (2) penerapan konsep KKO kelompok HOTS dalam penyusunan RPP bagi guru SMA Negeri 8 Penajam Paser Utara. Metode penelitian ini penelitian action reseach class room. Penelitian menetapkan subyek guru mata pelajaran berstatus PNS 17 orang dan non PNS 4 orang. Obyek penelitian ini yakni perilaku guru dalam menyusun RPP dengan menerapkan kata kerja operasional kelompok Higher Order Tihinking Skills (HOTS) pada tujuan dan evaluasi pembelajaran di RPP. PTS dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan pengadaan workshop dan ditindaklanjuti pembimbingan Kepala sekolah dalam menyusun RPP tiap mata pelajaran. Hasil penelitian pada siklus I (satu) ada 3 orang guru memperoleh peringkat sangat baik dengan data capaian masing-masing 82,00 dan 85,1. Pada siklus II (dua) terdapat perolehan capaian sangat baik berjumlah 6 guru dan 13 guru lainnya mendapat peringkat baik. Terdapat kenaikan ke jenjang baik dari peringkat cukup 7 orang yang sebelumnya ada pada siklus I (satu).Kesimpulan PTS ini menyimpulkan solusi melakukan bimbingan Kepala sekolah sebagai tindak lanjut workshop terbukti efektif karena pendekatan dialogis dan saling terbuka terjalin dalam proses bimbingan, di samping itu beberapa guru yang pernah menyusun PTK menduduki capaian sangat baik pada siklus I (satu) 3 orang dan meningkat menjadi 6 orang, sedangkan peringkat baik dari 9 orang meningkat menjadi 13 orang.