PENGARUH METAKOGNISI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Ayu Arsya Ulichusna Universitas Balikpapan
  • Tri Hariyati Nur Indah Sari Universitas Balikpapan
  • Ganjar Susilo Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i1.21

Keywords:

metakognisi, keaktifan belajar siswa, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metakognisi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Balikpapan Tahun Ajaran 2018/2019 baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Balikpapan yaitu sebanyak 357, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-4 dan VIII-9 sebanyak 73 siswa. Teknik sampling yang digunakan peneliti yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket metakognisi, angket keaktifan belajar siswa dan tes hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini menggunakan uji f dan uji t, dan terdapat pengaruh signifikansi pada uji f  0,013 < 0,05, pengaruh signifikansi keaktifan belajar siswa pada uji t 0,004 < 0,05 dan tidak terdapat pengaruh pada metakognisi 0,270 ≥ 0,05.

Published

2019-06-29

How to Cite

Ulichusna, A. A., Sari, T. H. N. I., & Susilo, G. (2019). PENGARUH METAKOGNISI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Kompetensi, 12(1), 44–52. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i1.21