Deskripsi Soal dengan Karakteristik Numerasi
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.72Keywords:
numerasi, bentuk soal, soal cerita, hubungan konsepAbstract
Penyusunan soal dengan karakteristik numerasi merupakan hal yang baru bagi guru. Hal ini menjadi alasan bahwa seorang mahasiswa Pendidikan matematika sebagai calon guru dituntut dapat menyusun soal tersebut dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soal karakteristik numerasi yang disusun mahasiswa berdasarkan bentuk soal, soal cerita serta hubungan konsep-konsep untuk menyelesaikan masalah. Sumber data adalah 10 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dimana setiap mahasiswa menyusun 3 soal. Berdasarkan hal tersebut maka data penelitian ini berupa dokumentasi soal yang telah disusun mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa bentuk soal yang paling banyak disusun oleh mahasiswa adalah pilihan ganda (33,3%). Selain itu, soal yang disusun mahasiswa sudah berbentuk cerita, baik ditambahkan dengan informasi baru maupun hanya berdasarkan informasi yang diberikan. Pada bagian konsep, soal yang disusun dihubungkan dengan berbagai konsep seperti diskon, perbandingan, membaca tabel, mata uang serta operasi bilangan bulat.